Wednesday, July 25, 2012

SUKU KUBU

Suku Kubu yang juga dikenal sebagai Suku Anak Dalam atau Orang Rimba adalah salah satu suku bangsa minoritas yang hidup di Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan. mereka mayoritas hidup di Provinsi Jambi dengan perkiraan jumlah 200.000 orang.
Menurut tradisi lisan, Suku Anak Dalam adalah orang Maalau Sesat yang lari ke hutan rimba sekitar Air Hitam, Taman Nasional Bukit Duabelas. Mereka kemudian dinamakan Moyang Segayo. Tradisi lain menyebutkan mereka berasal dari Pangaruyung-Sumatera Barat yang mengungsi ke Jambi. Ini diperkuat oleh kenyataan adat Suku Anak Dalam mempunyai kemiripan bahasa dan adat dengan Suku Minangkabau, seperti sistem matrilineal.
Secara garis besar di Jambi mereka hidup di tiga wilayah ekologis yang berbeda, yaitu Orang Kubu yang berada di Utara Provinsi Jambi (sekitar Taman Nasional Bukit 30), Taman Nasional Bukit 12, dan wilayah Selatan Provinsi Jambi (sekitaran jalan lintas Sumtera). Mereka hidup secara nomaden dan mendasarkan hidup mereka pada berburu dan meramu, walaupun banyak dari mereka sekarang sudah memiliki ladang karet dan pertanian lainnya. Mayoritas mereka menganut kepercayaan Animisme, namun ada juga beberaa puluh keluarga Suku Kubu yang pindah ke agama Islam.
Namun kehidupan mereka sangat mengenaskan seiring dengan hilangnya sumber daya hutan yang ada di Jambi dan Sumatera Selatan, serta proses-proses marginalisasi yang dilakukan oleh suku bangsa dominan (Suku Melayu) yang ada di Jambi dan Sumatera Selatan. Haruskah Suku Kubu mengalami kepunahan..??? Haruskah keragaman suku, bangsa, dan budaya Indonesia berkurang..??? PR buat kita semua..!

Sumber : http://id.wikipedia.org
Photo : http://matanews.com


2 comments:

  1. Pemerintah provinsi sumatera harus memberi perhatian yang serius, karena suku kubu adalah suku yang memiliki kebudayaan unik dan harus dilestarikan keberadaannya

    ReplyDelete
  2. Yap betul sekali, bahkan bukan hanya suku kubu, tapi juga suku-suku lainnya yang ada di Indonesia.
    Semoga mereka juga membaca ini dan dapat memberi perhatian kepada suku kubu, demi pelestarian budaya bangsa. amiin..
    Trims atas commentnya..

    ReplyDelete