Wednesday, November 11, 2015

WILD DAGGA

Hai gaes.. lama tak jumpa..
Setelah sekian lama ga pernah aktif posting, kali ini ane mau sharing mengenai tumbuhan obat tradisiional nih. Monggo disimak..
Mungkin anda pernah denger tumbuhan yang bernama Wild Dagga (Leonotis Leonurus) yang juga dikenal dengan sebutan Lion Tails, yaitu cemara berdaun lebar milik keluarga mint (Lamiaceae). Wild Dagga berasal dari Afrika Selatan. Sering ditemukan tumbuh liar di antara singkapan batuan di habitat padang rumput, dapat tumbuh dengan ketinggian 2-3m. Wild dagga merupakan tanaman yang menarik secara visual, juga memiliki sejumlah sifat obat psikoaktif. Tanaman ini sangan akrab dengan masyarakat Afrika Selatan diaplikasikan sebagai obat-obatan tradisiional untuk mengobati berbagai macam penyakit.
Akar digunakan untuk mengobati sengatan dan gigitan ular. Campuran eksternal diterpakan untuk mengobati bisul, gatal-gatal dan keluhan kulit lainnya serta kram otot. Campuran Wild Dagga juga dikonsumsi untuk membantu tekanan darah tinggi, penyakit kuning, wasir, disentri, demam, sakit kepala, flu, asma dan batuk. Merokok daun Wild Dagga juga dapat membantu penyakit epilepsi dan kelumpuhan parsial.
Suku-suku Afrika Selatan secara tradisional merokok daun dan bunga Wild Dagga untuk efek euforia nya. Tidak hanya Afrika Selatan yang telah lama menghargai manfaat Wild Dagga, karena tanaman ini fitur kuat dalam budaya China dan Vietnam untuk efek euforia nya.

Khasiat dan Efek Wild Dagga
Perokok Wild Dagga melaporkan terasa peningkatan mood, sedikit pusing, persepsi warna meningkat dan kejernihan mental. Jika terlampau banyak merokok Wild Dagga, halusinasi visual ringan juga dapat terjadi. Semua efek ini berhubungan dengan merokok Wild Dagga Flower. Hal ini dimungkinkan untuk mendapat efek yang sama dengan merokok daun, tetapi diperlukan kuantitas yang lebih besar. Meskipun tanaman ini menarik untuk efek euforia, juga memiliki nilai yang besar sebagai penenang organic.
Bunga-bunga Wild Dagga selain untuk campuran rokok juga bisa diseduh menjadi teh dan dikonsumsi untuk mengalami efek menenangkan dari herbal.

Legalitas
Baik daun maupun bunga Wild Dagga benar-benar legal di seluruh dunia. Alkaloid aktif utama adalah leonurine dan ini bertanggungjawab untuk sifat psikoaktif tanaman. Leonurine sangat terkonsentrasi di bagian Wild Dagga Petal Flower.

Demikian gaes sharing dari ane. Semoga bermanfaat..
Sampai jumpa..

Source:https://www.google.com


4 comments:

  1. apakah bisa tumbuh di indonesia ?

    ReplyDelete
  2. Apakah tumbuhan ini bisa tumbuh di indonesia?

    ReplyDelete
  3. Tumbuhan wild dagga banyak tumbuh di kampung saya

    ReplyDelete
  4. Klo di Indonesia kebanyakan yg jenis klip dagga, kalo yg wild dagga saya blm pernah lihat, memang mirip tapi beda, beda di daunnya

    ReplyDelete