Monday, October 29, 2012

WISATA ALAM YOGYAKARTA

Halo Kawan.. Semoga hari ini adalah hari yang indah bagi anda. Jumpa lagi dengan tulisan saya. Kali ini kita coba membicarakan tentang Yogyakarta. Selain tempat mencari ilmu, Yogyakarta yang biasa disebut Jogja ini juga menyimpan banyak obyek pariwisata. Diantaranya wisata belanja, wisata budaya, wisata alam, dan lain sebagainya. Sesuai dengan judul, yang akan kita bahas disini adalah wisata alam. Apa saja sih wisata alam yang tersedia di Jogja? Nah monggo disimak..

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis berjarak 27 km dari Jogja ke arah Selatan. Transportasi umum biasanya beroperasi hingga pukul 17.00. Waktu yang terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sore sebelum matahari terbenam. Namun alangkah baiknya jika anda datang dari siang, anda bisa bersantai di kedai-kedai pinggir pantai sambil menikmati es kelapa muda. Ketika matahari mulai condong ke arah Barat dengan cuaca yang cerah, inilah saatnya untuk bersenang-senang. Walaupun pengujung dilarang berenang, namun anda masih bisa bermain pasir. Jika anda membawa uang lebih, anda bisa menyewa ATV (All Terrain Vechyle) dengan tarif Rp 50.000 - Rp 100.000 per setengah jam. Atau bisa juga anda berkeliling dengan menggunakan bendi (kereta kuda beroda dua), ini juga tak kalah mengasyikkan.
Sunset di pantai Parangtritis

Pantai Siung
Pantai Siung terletak di sebuah wilayah terpencil di kabupaten Gunung Kidul, tepatnya sebelah Selatan Kecamatan Tepus. Jaraknya sekitar 70 km dari kota Jogja, atau sekitar 3 jam perjalanan. Jalur transportasi menuju kesana masih agak sulit, biasanya ditempuh dengan kendaraan pribadi. Pesona yang paling menonjol dari Pantai Siung adalah batu karangnya. Karang-karang besar di sisi Barat dan Timur pantai ini tidak hanya manambah keindahan pantai, tapi juga sebagai pembatas dengan pantai lainnya. Tebing yang terletak di sebelah Timur menjadi fasilitas panjat tebing bagi MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam) ataupun club-club panjat tebing lainnya.
Suasana di pantai Siung 

Kalikuning
Kalikuning merupakan salah satu alternatif wisata di Jogja, terletak di lereng Selatan gunung Merapi tepatnya di ds. Panguk Rejo, Kabupaten Sleman, atau di sebelah Timur objek wisata Kaliurang. Saat meuju ke Kalikuning, anda akan melewati desa yang terkena bencana letusan gunung Merapi 2010. Di sebelah Barat jalan terdapat jurang-jurang yang terjal. Jika anda menghadap ke Utara, maka anda akan melihat gagahnya gunung Merapi berdiri. Jika anda menghadap ke Selatan maka akan terlihat tatanan kota Jogja. Dan nikmati udara yang sejuk dan segar di Kalikuning.
Tampak gunung Merapi dari Kalikuning

Sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata alam di Jogja. Namun ini saja dulu deh yang bisa saya share buat kawan semua, mungkin lain waktu ditambah lagi. Ingat selalu bahwa karya manusia tidak akan pernah bisa mengalahkan karya agung Tuhan Yang Maha Esa. Jangan lupa komentarnya ya.. Semoga besok bisa lebih baik.
Thanks..

Source : berbagai sumber dan data primer
Photo : koleksi http://cintatanahindonesia.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment