Saturday, December 1, 2012

GROJOGAN SEWU

Grojogan Sewu adalah salah satu tempat wisata air terjun alam yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa tengah, Indonesia. Grojogan Sewu berada di ketinggian 1000 m dpl. Jadi udara di sekitarnya lebih sejuk daripada di kota. Di sekitarnya masih terdapat pepohonan yang menambah suasana rindang. Jangan lupa kawans untuk tidak membuang sampah sembarangan. Hehe..
Grojogan Sewu berasal dari bahasa Jawa yang artinya adalah air terjun seribu. Bukan berarti jumlah air terjun disini ada seribu, tetapi maknanya lebih ke kapasitas airnya yang begitu banyak, maka disebut dengan Grojogan Sewu. Di kawasan Grojogan Sewu terdapat beberapa titik air terjun, ada yang setinggi 80 m, ada pula yang tidak terlalu tinggi namun memiliki pancuran yang meluas dan bercabang-cabang.
Untuk dapat berkunjung ke Grojogan Sewu tidaklah sulit, meskipun kawans akan melewati jalan-jalan yang terjal dengan belokan-belokan tajam, namun kawans akan tetap diberi pemandangan yang menarik di sepanjang jalan. Dan begitu sampai di terminal Tawangmangu dilanjutkan dengan naik angkot sekitar 800 m, kemudian berjalan sehat sekitar 200 m dari jalan raya ke pintu masuk, dan tiket masuknya kurang dari Rp 10.000.
Di sekitar pintu masuk terdapat kuda sewaan yang bisa kawans gunakan untuk berkeliling dengan tarif sekitar Rp 20.000 untuk sekali putaran. Ada dua pintu masuk , yang pertama berada di atas, kawans harus menuruni anak tangga yang jumlahnya ratusan, disediakan pula gazebo di beberapa titik untuk beristirahat sejenak. Sedangkan pintu masuk kedua ada di lereng bawah. Disekitar Grojogan Sewu terdapat kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Juga terdapat warung makan dengan harga terjanglau. Bagi penggemar sate, harus coba sate kelinci yang menjadi makanan khas disini.

No comments:

Post a Comment