Tuesday, November 20, 2012

LINTAS SEJARAH INDONESIA

Bendera Merah Putih

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau, oleh karena itu Indonesia disebut juga sebagai "Nusantara". Indonesia memiliki suku, bahasa, dan agama yang berbeda. Semboyan nasional Indonesia yaitu "Bhineka Tunggal Ika" ("Berbeda - beda tapi tetap satu") yang maknanya keragaman yang membentuk negara. Merah Putih adalah bendera Indonesia, Garuda Pncasila merupakan lambang negara Indonesia.
Garuda Pancasila

Indonesia mulai berpenghuni sejak 2.000.000 - 500.000 tahun yang lalu. Sejak abad ke-1 kapal dagang Indonesia telah berlayar jauh, bahkan sampai ke Afrika, Sejak abad ke-4 s/d abad ke-14 beberapa kerajaan terbentuk di pulau Kalimantan, Sumatera, dan Jawa, di bawah pengaruh agama Hindu dan Budha. Kutai merupakan kerajaan tertua di Nusantara yang berdiri pada abad ke-4 di hulu sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Pada abad ke-4 s/d abad ke-7 berdiri kerajaan Tarumanegara di bagian barat pulau Jawa, yang kemudian dilanjutkan oleh kerajaan Sunda pada tahun 669 M - 1579 M. Pada abad ke-7 berdiri kerajaan Malayu yang berpusat di Jambi, Sumatera, yang kemudian dikalahkan oleh kerajaan Sriwijaya yang muncul sebagai kerajaan maritim paling perkasa di Nusantara. Dibawah pengaruh Sriwijaya, antara abad ke-8 s/d abad ke-10 wangsa Syailendra dan Sanjaya berhasil mengembangkan kerajaan - kerajaan agrikultur di Jawa, dengan peninggalan bersejarahnya seperti candi Borobudur dan candi Prambanan. Di akhir abad ke-13, Majapahit berdiri di bagian timur pulau Jawa. Dibawah pimpinan mahapatih Gajah Mada, kekuasaannya meluas sampai hampir meliputi wilayah Indonesia kini, dan sering disebut sebagai "Zaman Keemasan" dalam sejarah Indonesia. Para pedagang Arab dan Persia datang melalui Gujarat, India, yang membawa agama Islam. Samudera Pasai yang berdiri pada tahun 1267 merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia.
Orang - orang Eropa datang pada awal abad ke-16. Portugis pertama kali mendarat di dua pelabuhan Kerajaan Sunda, yaitu Banten dan Sunda Kelapa, kemudian mereka dapat diusir, yang akhirnya lari ke arah timur dan menguasai Maluku. Pada abad ke-17 Belanda masuk sebagai yang terkuat diantara negara - negara Eropa lainnya. Pada masa itulah agama Kristen masuk Indonesia. Pada masa perang Dunia II sewaktu Belanda dijajah oleh Jerman, Jepang masuk dan menguasai Indonesia. Jepang melihat bahwa para pejuang Indonesia merupakan rekan perdagangan yang kooperatif dan bersedia mengerahkan prajurit bila diperlukan. Pada tahun 1943 Soekarno, Mohammada Hatta, KH. Mas Mansur, dan Ki Hajar Dewantara diberikan penghargaan oleh Kaisar Jepang. Maret 1945 Jepang membentuk komite untuk kemerdekaan Indonesia.
Hatta, Soekarno, dan Sjahrir, pendiri Indonesia

Tanggal 17 Agustus 1945 Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Setelah kemerdekaan, tiga orang pendiri bangsa, yakni Soekarno, Mohammad Hatta, dan Sutan Sjahrir, masing - masing menjabat sebagai presiden, wakil presiden, dan perdana menteri. Jendral Soeharto menjadi presiden pada tahun 1967 dengan alasan untuk mengamankan negara dari ancaman komunisme. Tiga puluh dua tahun kekuasaan Soeharto dinamakan Orde Baru, sementara masa pemerintahan Soekarno disebut Orde Lama. Pada tahun 1998 Soeharto dipaksa turun dari jabatannya setelah aksi demonstrasi besar - besaran dan kondisi ekonomi negara yang memburuk. Dari 1998 - 2001 Indonesia mempunya tiga orang presiden, yaitu Bacharuddin Jusuf Habibie, Abdurrahman Wahhid, dan Megawati Soekarnoputri. Pada tahun 1999 Timor Timur memisahkan diri dari Indonesia dan menjadi negara Timor Leste. Pada tahun 2004, pemilu satu hari terbesar di dunia terjadi, dan Susilo Bambang Yudhoyono terpilih sebagai presiden Indonesia.

Source : www.id.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment